Ticker

6/recent/ticker-posts

TEKANKAN ETIKA DAN KESOPANAN BERKAMPANYE, BAWASLU BELITUNG SIAP TINDAK TEGAS PELANGGAR ATURAN KAMPANYE



Belitung|Satamexpose.com - Terkait semakin hangatnya suasana kampanye Pilkada Belitung 2024, Bawaslu Kabupaten Belitung, mengingatkan masing-masing pasangan calon Pilkada Belitung 2024 agar dapat mematuhi aturan dan ketentuan kampanye Pilkada 2024, Kamis(17/10).

Ketua Bawaslu Kabupaten Belitung, Rezeki Aris Munazar kepada wartawan mengatakan Bawaslu Belitung tidak segan-segan menindak apabila menemukan terjadinya dugaan pelanggaran kampanye Pilkada 2024 yang dilakukan oleh pasangan calon Pilkada Belitung 2024.

"Kami mengingatkan kepada masing-masing pasangan calon beserta tim pemenangan dan relawan agar dapat mematuhi aturan dan ketentuan kampanye Pilkada 2024," tegasnya.

Menurutnya, pelaksanaan kampanye Pilkada Belitung 2024 telah diatur dalam Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 13 Tahun 2024 tentang Kampanye Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Walikota dan Wakil Walikota.

"Bila nantinya terbukti melanggar aturan kampanye maka kami akan mengambil tindakan tegas sesuai aturan dan ketentuan yang berlaku tanpa pandang bulu karena dimata Bawaslu Belitung semua sama dan tidak ada pasangan calon yang diistimewakan," tambahnya.

Hal yang sama juga berlaku bagi tim pemenangan dan relawan masing-masing pasangan calon agar tidak mencoba untuk menyerempet aturan yang sudah ditetapkan.

Bawaslu Belitung juga telah menginstruksikan kepada badan ad hoc untuk melakukan patroli pengawasan dalam rangka meningkatkan pengawasan tahapan kampanye Pilkada 2024.

"Karena semakin mendekati hari pelaksanaan jajaran anggota pengawas harus lebih ekstra dan kerja keras, pengawasan tidak hanya pada saat berlangsungnya kegiatan kampanye namun juga melaksanakan kerja-kerja pengawasan lainnya," kata Aris.

"Kedepankan etika dan kesopanan pada saat kampanye dialogis, berkampanyelah dengan menjual gagasan, program, visi, dan misi dan jangan saling menjelek-jelekkan, menjatuhkan, sera menyalahkan, apalagi sampai melakukan ujaran kebencian," himbaunya.

Aris juga mengajak masyarakat berperan aktif dalam melaporkan dugaan pelanggaran kampanye Pilkada 2024. 

"Jangan takut melapor, Bawaslu Belitung akan melindungi dan menjaga sepenuhnya privasi pelapor," tandas Rezeki Aris Munazar. (fr1)