Ticker

6/recent/ticker-posts

DIDUGA DATA NASABAH DIMANIPULASI, DANA KUR BRI CAIR TAK DISALURKAN KEPADA PENERIMA


Belitung|Satamexpose.com - Diduga terjadi manipulasi data nasabah dalam proses pengajuan kredit dana KUR BRI unit Air Merbau di tahun 2021 seperti yang diberitakan beberapa hari lalu menjadi sorotan penting masyarakat Belitung, Selasa (10/9).

Ketua Komite Reformasi Belitung, H. Suhadi Hasan menyampaikan keprihatinannya terhadap badan keuangan yang dipercaya mengelola anggaran pemerintah yang ditujukan untuk membantu masyarakat dalam pengembangan usaha terutama usaha mikro malah disimpangkan oleh oknum yang tak bertanggungjawab.

"Pengajuan kredit ini diduga dimanipulasi dan tidak mungkin tanpa persetujuan pihak bank, mengingat telah terbitnya buku rekening penampungan dana bantuan/pinjaman KUR BRI di tahun 2021 atas nama Rama Doni yang justru tidak mengetahui adanya pengajuan pinjaman hingga pencairan atas nama dirinya," papar Suhadi.

Menurutnya, pengajuan, proses hingga pencairan dana KUR BRI tidak mungkin hanya dilakukan satu dua oknum saja.

"Mengatur proses pencairan dana KUR dengan mencatut data penerima yang bersih dari tunggakan pinjaman dan belum memiliki usaha, tentunya melibatkan banyak oknum di dalam BRi itu sendiri," ujarnya menambahkan.

Terlebih ketika dana KUR cair, pihak bank tidak menyalurkan kepada penerima dan diduga para oknum menggunakan uang yang bukan haknya itu untuk kepentingan pribadi.

"Selaku tokoh masyarakat saya meminta Satuan Pengawas Internal (SPI) perbankan untuk turun dan melakukan tugasnya terkait dugaan modus manipulasi data nasabah penerima KUR BRI di Belitung," tegas H. Suhadi Hasan.

Sebelumnya diberitakan Rama Doni sempat kaget ketika dirinya hendak mengajukan kredit sepeda motor di Sinarjaya Motor sekira bulan Agustus 2023 lalu, ditolak dengan alasan identitas pribadinya tercantum sebagai nasabah peminjam dana KUR yang macet di BRI unit Air Merbau sejak tahun 2021.

Selain itu, Rama Doni juga merasa aneh karena saat pencairan dana KUR tersebut yakni tanggal 17 September 2021 masuk kerekening atas namanya dengan nomor rekening 752001005109101 dan platfond sebesar Rp. 35 juta.

“Saya tidak pernah ke Bank BRI untuk membuka rekening itu dan saya juga tidak pernah menandatangani berkas apapun, kok bisa timbul rekening atas nama saya,” ujarnya keheranan. (fr1)