Ticker

6/recent/ticker-posts

CIPTAKAN ZONA BEBAS NARKOBA, KADIVPAS PIMPIN SIDAK HUNIAN LAPAS TANJUNGPANDAN

Gambar : Apel sidak dipimpin oleh Kadivpas Kanwil MenkumHam Babel.

Belitung|Satamexpose.com - Kepala Divisi Pemasyarakatan (Kadivpas) Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Babel (Kanwil Kemenkumham Babel) Kunrat Kasmiri lakukan inspeksi mendadak (sidak) ke sejumlah blok hunian pada Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Tanjungpandan, Selasa (24/09) malam.

Didampingi oleh Kalapas Kelas IIB Tanjungpandan dan jajaran, Kadivpas memimpin pelaksanaan penggeledahan kamar secara acak untuk menemukan barang-barang terlarang dan berbahaya yang potensial menjadi sumber gangguan keamanan dan ketertiban pada Lapas. 

“Periksa seluruh sudut kamar, mulai dari kamar mandi, loker, ventilasi dan kolong tempat tidur. Jangan sampai ada bagian yang terlewatkan. Namun tetap laksanakan penggeledahan secara humanis, libatkan peran kepala kamar untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan,” tegas Kunrat dalam arahannya pada apel jajaran Petugas Lapas.

Tak lupa mengingatkan juga agar jajaran Lapas Tanjungpandan selalu berpedoman pada tiga kunci pemasyarakatan maju yaitu Berantas Narkoba, Deteksi Dini, dan Sinergi bersama APH. 

“Saya sampaikan secara tegas untuk dilaksanakan, Zero Narkoba tidak ada toleransi. Anda terlibat saya tindak tegas,” pesan Kunrat secara tegas dihadapan petugas.

Kegiatan sidak itu tim menemukan beberapa barang yang patut diduga dapat mengganggu situasi Kamtib Lapas. 

Sejumlah barang-barang tersebut diinventarisir untuk selanjutnya dimusnahkan agar tidak menjadi sumber gangguan Kamtib di kemudian hari. 

Sementara itu Kalapas Kelas IIB Tanjungpandan Gowim Mahali menjelaskan Pemeriksaan dan penggeledahan telah dilaksanakan jajarannya secara berkala. Hal tersebut sebagai langkah dalam menjaga kemanan dan ketertiban serta upaya dalam pelaksanaan P4GN, Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba. 

“Saya tidak akan bosan-bosannya mengingatkan kepada jajaran untuk selalu bekerja sesuai aturan dan SOP, apabila ada yang melanggar aturan dan menjadi pengkhianat, saya tidak akan segan-segan untuk menindak tegas!” tegas Gowim. (Rls)